� STRENGHT (KEKUATAN)
�
Keunggulan susu INDOMILK adalah sistem pengawetan yang alamiah tanpa bahan
pengawet sintetis, tepatnya dengan menggunakan pemanasan suhu tinggi untuk
membunuh mikroorganisme yang ada dalam susu.
�
Disamping memiliki kandungan nutrisi yang tinggi, susu INDOMILK juga
memiliki rasa yang sangat disukai oleh anak-anak dan seluruh keluarga
�
Terbuat asli dari susu sapi segar dan bahan-bahan alami
�
Dengan nutrisi yang tinggi dan tanpa bahan pengawet, susu INDOMILK mematok
harganya yang lebih terjangkau dibandingkan dengan produk sejenisnya, Sehingga
masyaratakat tidak terlalu merasa keberatan untuk membelinya.
� WEAKNESS (KELEMAHAN)
�
Banyak konsumen yang sudah mencoba susu INDOMILK, mereka bilang rasa dari
susu INDOMILK kurang enak bila dibandingkan dengan produk sejenisnya seperti
Ultramilk dan Bendera.
�
Susu Indomilk banyak jenisnya namun promosinya kurang bila dibandingkan
dengan produk susu sejenisnya.
� OPPURTUNITIES
(PELUANG)
�
Susu INDOMILK diproduksi dengan berbagai macam kemasan dan rasa sehingga
memungkinkan untuk dapat berkembang apabila pemasarannya merata.
�
Susu INDOMLK menyediakan produk susu yang khusus untuk anak-anak dan orang
dewasa, sehingga semua kalangan dapat meminumnya.
� THREATS (ANCAMAN)
�
Harga yang terjangkau membuat masyarakat lebih memilih susu yang lebih
mahal dan sudah popular merknya.
�
Karena banyak produk yang diproduksi oleh INDOMILK baik dari kemasan maupun
rasa, membuat produk INDOMILK dicontek oleh produk sejenisnya baik kemasan maupun
rasanya.
INDOMILK didirikan pada tahun 1967 sebagai perwujudan penanaman modal asing
dan pelopor dalam pembuatan susu yaitu susu kental manis yang modern di
Indonesia. Tahun 1988 susu kental amnis produksi INDOMILK telah diekspor ke
berbagai Negara, hingga tahun 2008 Indomilk Dairy Group telah menaungi beberapa
anak perusahaan. Anak-anak perusahaan tersebut maish butuh eksistensi di
pasaran agar tetap bertahan dan masyarakat tetap percaya dengan produk-produk
INDOMILK.
Untuk memperkuat sinergi dalam badan perusahaan, maka pada bulan April 2008
dilakukan merger terhadap PT. Australia Indonesian Milk Industries (PT.
INDOMILK), PT. Indomurni Dairy Industries, PT. Ultrindo, PT. INDOLAKTO dan PT.
Indoeskrim ke dalam satu paying usaha, yaitu PT. INDOLAKTOSaat ini
produk-produk INDOMILK selain dipasarkan di Indonesia juga sudah di ekspor ke
Singapura, Kamboja, Brunei Darussalam, Philipina, Hongkong, Taiwan, Jepang,
Korea, Fiji, Nauru, Tonga, Solomon, Samoa, Vanuatu, Papua Nugini, New Zealand,
Timor Leste, Cameroon, Malawi, Maladewa. Dari sini dapat dianalisis bahwa
produk-produk INDOMILK tidak hanya diminati di Indonesia melainkan di beberapa
Negara.
Maka perusahaan tempat INDOMILK bernaung hanya tinggal menunggu laba dari
hasil penjualan produk-produk INDOMILK tersebut.Apabila konsumen sudah bosan
dengan susu yang diproduksi oleh INDOMILK, maka perusahaan harus dapat
memperbarui kualitas dari susu indomilk, agar konsumen tidak pindah ke produk
yang lain, bisa saja diakuisisi atau melakukan merger kembali seperti yang
terjadi pada tahun 2008.
v Pertumbuhan yang Dilakukan
Produk susu INDOMILK melakukan pertumbuhan intensif (Ansoff).
Susu INDOMILK hanya memproduksi susu baik dalam bentuk bubuk, cair, kental
manis dan lain sebagainya, serta dalam berbagai varian. INDOMILK pada awalnya
merupakan industry hilir yang mengolah bahan baku susu dari PT. Tirta Amerta
Agung (TAA) namun PT. Tirta Amerta Agung sekarang sudah mengalami kebangkrutan.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar